Departemen Matematika SMA Al-Ma'soem

Halaman


Kirim e-mail | Upload File | Equation Editor | Free Blog Templates | Tutorial Blog| Kreasi Siswa | Nilai Peserta Didik | MathML

SMA Al-Ma'soem

S M A

INFORMASI

Departemen Matematika melayani peserta didik dalam memahami Matematika Sekolah, menginformasikan nilai peserta didik dan jadwal remedial, serta memberitakan informasi yang lainnya.






Selamat Datang di Departemen Matematika







Obat untk meringankan sakit kepala Hadi

2 komentar

Mungkin ini bisa sedikit mengurangi kebingungan Hadi tentang pertidaksamaan harga mutlak


Selengkapnya...

Soal SNMPTN MTK IPA

0 komentar

Boeat anak-anakku kelas XII yang mau melanjutkan ke Jenjang Perguruan Tinggi, berikut ada beberapa LINK untuk mendownload Soal-soal SNMPTN MTK Kemampuan IPA dari Tahun 1990 sd 2010

Soal 1

Soal 2

Soal 3

Soal 4

Soal 5

Soal 6

Soal 7

Soal 8

Soal 9

Soal 10

Soal 11

Soal 12

Soal 13

Soal 14

Soal 15

Soal 16

Soal 17

Soal 18

Soal 19

Soal 20

Soal 21
Semoga bermanfaat...
Selengkapnya...

Pak Udin

0 komentar

Anak-anakku tercinta... mudah-mudahan kita bisa menjadi manusia yang manusiawi. Manusia yang segera memperbaiki kesalahannya ketika berbuat kesalahan. Amin...

Melalui Blog ini, mari kita tingkatkan silaturahmi di antara kita. Silaturahmi yang bertemakan MATEMATIKA...

Mudah-mudahan kalian bisa menjadi peserta didik yang CAGEUR... BAGEUR... PINTEUR..., amin... Selengkapnya...

Pak Iwan

0 komentar

Anak-anakku tercinta... mudah-mudahan kita bisa menjadi manusia yang manusiawi. Manusia yang segera memperbaiki kesalahannya ketika berbuat kesalahan. Amin...

Melalui Blog ini, mari kita tingkatkan silaturahmi di antara kita. Silaturahmi yang bertemakan MATEMATIKA...

Mudah-mudahan kalian bisa menjadi peserta didik yang CAGEUR... BAGEUR... PINTEUR..., amin... Selengkapnya...

Pak Iqbal

0 komentar

Anak-anakku tercinta... mudah-mudahan kita bisa menjadi manusia yang manusiawi. Manusia yang segera memperbaiki kesalahannya ketika berbuat kesalahan. Amin...

Melalui Blog ini, mari kita tingkatkan silaturahmi di antara kita. Silaturahmi yang bertemakan MATEMATIKA...

Mudah-mudahan kalian bisa menjadi peserta didik yang CAGEUR... BAGEUR... PINTEUR..., amin... Selengkapnya...

Pak Didik

0 komentar

Anak-anakku tercinta... mudah-mudahan kita bisa menjadi manusia yang manusiawi. Manusia yang segera memperbaiki kesalahannya ketika berbuat kesalahan. Amin...

Melalui Blog ini, mari kita tingkatkan silaturahmi di antara kita. Silaturahmi yang bertemakan MATEMATIKA...

Mudah-mudahan kalian bisa menjadi peserta didik yang CAGEUR... BAGEUR... PINTEUR..., amin... Selengkapnya...

Pak Saepul

0 komentar

Anak-anakku tercinta... mudah-mudahan kita bisa menjadi manusia yang manusiawi. Manusia yang segera memperbaiki kesalahannya ketika berbuat kesalahan. Amin...

Melalui Blog ini, mari kita tingkatkan silaturahmi di antara kita. Silaturahmi yang bertemakan MATEMATIKA...

Mudah-mudahan kalian bisa menjadi peserta didik yang CAGEUR... BAGEUR... PINTEUR..., amin... Selengkapnya...

Pak Asep

0 komentar

Anak-anakku tercinta... mudah-mudahan kita bisa menjadi manusia yang manusiawi. Manusia yang segera memperbaiki kesalahannya ketika berbuat kesalahan. Amin...

Melalui Blog ini, mari kita tingkatkan silaturahmi di antara kita. Silaturahmi yang bertemakan MATEMATIKA...

Mudah-mudahan kalian bisa menjadi peserta didik yang CAGEUR... BAGEUR... PINTEUR..., amin... Selengkapnya...

Soal-soal SNMPTN Kemampuan Dasar

1 komentar

Boeat anak-anakku kelas 12 nyang mo melanjutkan ke Jenjang Perguruan Tinggi, berikut ada beberapa LINK untuk mendownload Soal-soal SNMPTN Kemampuan Dasar dari Tahun 1990 sd 2010

Soal 1

Soal 2

Soal 3

Soal 4

Soal 5

Soal 6

Soal 7

Soal 8

Soal 9

Soal 10

Soal 11

Soal 12

Soal 13

Soal 14

Soal 15

Soal 16

Soal 20

Soal 21

Soal 22

Soal 23

Soal 24

Note : Untuk Kemampuan IPA dan IPS antosan we..nya..!
Selengkapnya...

GAME MATEMATIKA (BERMAIN ANGKA 1 SD 9)

1 komentar

Berikut ini ada game menarik, mangga cobian...yo...!

Gunakan angka-angka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 dan 9, untuk membentuk suatu perkalian dua bilangan dan hasilnya.
Dengan syarat tidak boleh ada pengulangan angka, dan harus memuat angka 1 sd 9.

contoh : 4 x 1.738 = 6.952 (semua angka terdiri dari 1 sd 9 ada, dan tidak ada angka yg sama)
Selengkapnya...

SOAL OLIMPIADE

0 komentar

Berikut ini ada beberapa Link untuk mendownload Kumpulan soal-soal Olimpiade SMA dari beberapa negara.
Bagi yang berminat, manggaa...

Soal 1 (klik di sini)

Soal 2 (klik di sini) Selengkapnya...

50 Universitas Terbaik di Indonesia

0 komentar

Daftar Universitas Terbaik di Indonesia per Januari 2010 yang masuk dalam jajaran 8000 Universitas Unggulan di Dunia menurut penilaian Webometrics.


1* 562** Universitas Gadjah Mada (UGM)

2* 661** Institut Teknologi Bandung (ITB)

3* 815** Universitas Indonesia (UI)

4* 854** Universitas Kristen Petra (PETRA)

5* 1025** Universitas Gunadarma (UG)

6* 1256** Universitas Negeri Malang (UM)

7* 1315** Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

8* 1585** Universitas Sebelas Maret (UNS)

9* 1628** Universitas Airlangga (UNAIR)

10* 2026** Universitas Brawijaya (UNBRA)

11* 2059** Universitas Diponegoro (UNDIP)

12* 2162** Universitas Pertanian Bogor (IPB)

13* 2236** Universitas Padjadjaran (UNPAD)

14* 2298** Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

15* 2337** Universitas Sriwijaya (UNSRI)

16* 2422** Universitas Islam Indonesia (UII)

17* 2471** Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

18* 2616** Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK AMIKOM)

19* 2692** Universitas Lampung (UNILA)

20* 2704** Institut Teknologi Telkom (IT TELKOM)

21* 3135** Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

22* 3157** Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)

23* 3223** Universitas Hasanuddin (UNHAS)

24* 3302** Universitas Mercu Buana (UMB)

25* 3307** Universitas Sumatera Utara (USU)

26* 3473** Universitas Jember (UNEJ)

27* 3481** Universitas Udayana (UNUD)

28* 3620** Universitas Bina Nusantara (BINUS)

29* 3724** Universitas Negeri Semarang (UNNES)

30* 3926** Universitas Surabaya (UBAYA)

31* 4163** Universitas Budi Luhur (BL)

32* 4613** Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (UNIKA ATMA JAYA)

33* 4660** Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR)

34* 4667** Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED)

35* 4729** Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

36* 4803** Universitas Sanata Dharma (USD)

37* 4816** Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW)

38* 4878** Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

39* 5275** Universitas Kristen Maranatha (MARANATHA)

40* 5496** Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY)

41* 5768** Universitas Trisakti (TRISAKTI)

42* 5955** Universitas Riau Beranda (UNRI)

43* 6076** Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

44* 6193** Universitas Tarumanagara (UNTAR)

45* 6385** Universitas Dian Nuswantoro (DINUS)

46* 6405** Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM)

47* 6412** Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA)

48* 6486** Institut Sains dan Teknologi Akprind (AKPRIND)

49* 6696** Universitas Terbuka (UT)

50* 6697** Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Keterangan:
*Ranking di Indonesia **Ranking di dunia

Webometrics Pemeringkatan Universitas di Dunia berawal dari sebuah inisiatif dari Cybermetrics Lab, sebuah kelompok riset milik Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), penelitian publik terbesar di Spanyol.

Dewan Riset Spanyol CSIC adalah bagian utama di antara organisasi penelitian dasar pertama di Eropa. CSIC berdiri pada tahun 2006 dari 126 pusat-pusat dan lembaga-lembaga di seluruh Spanyol.

CSIC melekat pada Departemen Pendidikan dan tujuan utamanya adalah untuk mempromosikan penelitian ilmiah untuk meningkatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi tingkat negara yang akan memberikan kontribusi untuk meningkatkan kesejahteraan warga negara.

CSIC juga berperan penting dalam pembentukan peneliti dan teknisi baru dalam berbagai aspek dari ilmu pengetahuan dan teknologi

Mugi-mugi katampi...yo...!!
Selengkapnya...

MITOS MATEMATIKA

5 komentar

Banyak mitos menyesatkan mengenai matematika. Mitos-mitos salah ini memberi andil besar dalam membuat sebagian masyarakat merasa alergi bahkan tidak menyukai matematika. Akibatnya, mayoritas siswa kita mendapat nilai buruk untuk bidang studi ini, bukan lantaran tidak mampu, melainkan karena sejak awal sudah merasa alergi dan takut sehingga tidak pernah atau malas untuk mempelajari matematika. Meski banyak, namun ada lima mitos sesat yang sudah mengakar dan menciptakan persepsi negatif terhadap matematika.


1). MITOS PERTAMA, MATEMATIKA ADALAH ILMU YANG SANGAT SUKAR SEHINGGA HANYA SEDIKIT ORANG YANG ATAU SISWA DENGAN IQ MINIMAL TERTENTU YANG MAMPU MEMAHAMINYA.
Ini jelas menyesatkan. Meski bukan ilmu yang termudah, matematika sebenarnya merupakan ilmu yang relatif mudah jika dibandingkan dengan ilmu lainnya.
Sebagai contoh, amati perbandingan soal untuk siswa kelas 6 sebuah SD swasta berikut ini.
Soal pertama, Sebutkan 3 tarian khas daerah Kalimantan Tengah dan Soal kedua, Sebuah lingkaran dibagi menjadi tiga buah juring dengan perbandingan masing-masing sudut pusatnya adalah 2 : 3 : 4, maka hitung besar masing-masing sudut pusat juring-juring tersebut. Ternyata, persentase siswa yang menjawab benar soal kedua lebih besar dibandingkan persentase siswa yang menjawab benar soal pertama. Tanpa ingin mengundang perdebatan, contoh di atas menunjukkan, bahwa matematika bukanlah ilmu yang sangat sukar. Soal matematika terasa sulit bagi siswa-siswa kita karena mereka tidak memahami konsep bilangan dan konsep ukuran secara benar semasa di sekolah dasar. Jika konsep bilangan dan ukuran dikuasai, maka pekerjaan menganalisis dan menghitung menjadi hal yang mudah dan menyenangkan.

2). MITOS KEDUA, MATEMATIKA ADALAH ILMU HAFALAN DARI SEKIAN BANYAK RUMUS.
Mitos ini membuat siswa malas mempelajari matematika dan akhirnya tidak mengerti apa-apa tentang matematika. Padahal, sejatinya matematika bukanlah ilmu menghafal rumus, karena tanpa memahami konsep, rumus yang sudah dihafal tidak akan bermanfaat. Sebagai contoh, ada soal berikut : Benny merakit sebuah mesin 6 jam lebih lama daripada Ahmad. Jika bersama-sama mereka dapat merakit sebuah mesin dalam waktu 4 jam, berapa lama waktu yang diperlukan oleh Ahmad untuk merakit sebuah mesin sendirian?. Seorang yang hafal rumus persamaan kuadrat tidak akan mampu menjawab soal tersebut apabila tidak mampu memodelkan soal tersebut ke dalam bentuk persamaan kuadrat. Sesungguhnya, hanya sedikit rumus matematika yang perlu (tapi tidak harus) dihapal, sedangkan sebagian besar rumus lain tidak perlu dihafal, melainkan cukup dimengerti konsepnya. Salah satu contoh, jika siswa mengerti konsep anatomi bentuk irisan kerucut, maka lebih dari 90 persen rumus-rumus irisan kerucut tidak perlu dihafal.

3). MITOS KETIGA, MATEMATIKA SELALU BERHUBUNGAN DENGAN KECEPATAN MENGHITUNG.
Memang, berhitung adalah bagian tak terpisahkan dari matematika, terutama pada tingkat SD. Tetapi, kemampuan menghitung secara cepat bukanlah hal terpenting dalam matematika. Yang terpenting adalah pemahaman konsep. Melalui pemahaman konsep, kita akan mampu melakukan analisis (penalaran) terhadap permasalahan (soal) untuk kemudian mentransformasikan ke dalam model dan bentuk persamaan matematika. Jika permasalahan (soal) sudah tersaji dalam bentuk persamaan matematika, baru kemampuan menghitung diperlukan. Itu pun bukan sebagai sesuatu yang mutlak, sebab pada saat ini telah banyak beredar alat bantu menghitung seperti kalkulator dan komputer. Jadi, mitos yang lebih tepat adalah matematika selalu berhubungan dengan pemahaman dan penalaran.

4). MITOS KEEMPAT, MATEMATIKA ADALAH ILMU ABSTRAK DAN TIDAK BERHUBUNGAN DENGAN REALITA.
Mitos ini jelas-jelas salah kaprah, sebab fakta menunjukkan bahwa matematika sangat realistis. Dalam arti, matematika merupakan bentuk analogi dari realita sehari-hari. Contoh paling sederhana adalah solusi dari Leonhard Euler, matematikawan Prancis, terhadap masalah Jembatan Konisberg. Selain itu, hampir di semua sektor, teknologi, ekonomi dan bahkan sosial, matematika berperan secara signifikan. Robot cerdas yang mampu berpikir berisikan program yang disebut sistem pakar (expert system) yang didasarkan kepada konsep Fuzzy Matematika. Hitungan aerodinamis pesawat terbang dan konsep GPS juga dilandaskan kepada konsep model matematika, goneometri, dan kalkulus. Hampir semua teori-teori ekonomi dan perbankan modern diciptakan melalui matematika.

5). MITOS KELIMA MENYEBUTKAN, MATEMATIKA ADALAH ILMU YANG MEMBOSANKAN, KAKU, DAN TIDAK REKREATIF.
Anggapan ini jelas keliru. Meski jawaban (solusi) matematika terasa eksak lantaran solusinya tunggal, tidak berarti matematika kaku dan membosankan. Walau jawaban (solusi) hanya satu (tunggal), cara atau metode menyelesaikan soal matematika sebenarnya boleh bermacam-macam. Sebagai contoh, untuk mencari solusi dari dua buah persamaan, dapat digunakan tiga cara yaitu, metode subtitusi, eliminasi, dan grafik. Contoh lain, untuk membuktikan kebenaran teorema Phytagoras, dapat dipergunakan banyak cara. Bahkan menurut pakar matematika, Bana G. Kartasasmita, hingga saat ini sudah ada 17 cara untuk membuktikan teorema Phytagoras. Solusi matematika yang bersifat tunggal menimbulkan kenyamanan karena tegas dan pasti. Selain tidak membosankan, matematika juga rekreatif dan menyenangkan. Albert Einstein, tokoh fisika terbesar abad ke-20, menyatakan bahwa matematika adalah senjata utama dirinya dalam merumuskan konsep relativitasnya yang sangat terkenal tersebut. Menurut Einstein, dia menyukai matematika ketika pamannya menjelaskan bahwa prosedur kerja matematika mirip dengan cara kerja detektif, sebuah lakon yang sangat disukainya sejak kecil. Memang, cara kerja matematika mirip sebuah games. Mula-mula kita harus mengidentifikasi variabel-variabel atau parameter-parameter yang ada melalui atributnya masing-masing. Setelah itu, laksanakan operasi di antara variabel dan parameter tersebut. Yang paling menyenangkan, dalam melakukan operasi kita dibebaskan melakukan manipulasi (trik) semau kita agar sampai kepada solusi yang diharapkan. Kebebasan melakukan manipulasi dalam operasi matematika inilah yang menantang dan mengundang keasyikan tersendiri, bak sedang dalam permainan atau petualangan. Karena itu, tidak mengherankan jika terkadang kita menjumpai siswa yang asyik menyendiri dengan soal-soal matematikanya. Selain itu, secara intrinsik matematika juga memiliki angka berupa bilangan bulat yang mengandung misteri yang sangat mengasyikkan. Misalnya Anda melakukan operasi perkalian maupun pertambahan terhadap dua bilangan tertentu, maka terkadang akan muncul bilangan yang memiliki bentuk simetri tertentu. Contoh lain, Anda dapat menunjukkan kemahiran menebak dengan tepat angka tertentu yang telah mengalami beberapa operasi. Bagi yang belum memahami matematika, kemampuan Anda menebak angka dianggap sihir, padahal itu merupakan operasi. Matematika adalah ilmu yang mudah dan menyenangkan. Karena itu, siapa pun mampu mempelajarinya dengan baik. Untuk itu, tugas utama kita adalah merobohkan mitos-mitos sesat di sekeliling matematika.Demikian, semoga bermanfaat...yoo..!
Selengkapnya...

MUKADIMAH

3 komentar

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Blog DEPARTEMEN MATEMATIKA dibuat dengan tujuan untuk memperluas "komunikasi" antara peserta didik dengan pengajar.

Ke depannya, blog ini akan diisi dengan berbagai informasi yang mudah-mudahan bermanfaat bagi peserta didik. Di antaranya berupa soal-soal tantangan, tips dan trik perhitungan matematika, informasi nilai peserta didik, informasi remedial, dan contoh-contoh penyelesaian soal olimpiade.

Semoga cita-cita ini bisa terwujud dan berjalan lancar. Amin. Selamat bergabung... !!!


Wassalamu'alaikum Wr.Wb. Selengkapnya...